Impian dan Cita – Cita, Sama atau Berbeda?

 Dalam kehidupan sehari – hari tentunya kamu pernah mendengar kata impian dan cita – cita. Sekilas, dua kata ini selalu dipahami masyarakat sebagai kata yang memiliki arti yang sama. Tentunya hal ini bisa dimaklumi bila mengingat kebanyakan orang memang menggunakan dua kata ini untuk mengungkapkan hal sejenis.

Namun, apa benar cita – cita dan impian merupakan hal yang sama? Lalu seberapa penting impian dan cita – cita bagi manusia serta apa yang bisa dilakukan untuk mewujudkan cita – cita dan impian tersebut? Mari simak pembahasan ini selengkapnya agar kamu mendapatkan jawabannya.

Apa Itu Impian dan Cita – Cita?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, impian dan cita – cita sering kali digunakan sebagai padanan kata dalam kehidupan sehari – hari. Namun, sebenarnya antara kehidupan dan cita – cita ini berbeda loh.

Impian sendiri merupakan kata yang digunakan untuk mengungkapkan keinginan yang sulit diperoleh namun tetap diharapkan. Karena itu, impian sendiri kerap digunakan sebagai motivasi oleh banyak orang untuk menjalani kehidupan.

Sementara cita – cita merupakan manifestasi dari impian tersebut. Tak jarang, impian seseorang pada masa kecilnya juga menjadi cita – citanya di masa dewasa.

Jadi, sebenarnya antara impian dan cita – cita memiliki perbedaan yang tipis. Di mana impian merupakan akar dari cita – cita dan cita – cita merupakan manifestasi dari impian tersebut.

Seberapa Penting Impian Bagi Manusia?

Bila berbicara tentang seberapa penting impian dan cita – cita bagi manusia, tentu saja jawabannya sudah pasti sangat penting. Meski kadang disangkal beberapa orang, semua impian dan cita – cita, sangat penting bagi seseorang. Bahkan meski terdengar remeh, bukan berarti tak penting.

Setidaknya ada 3 peran penting impian dan cita – cita dalam kehidupan manusia. Yuk disimak apa saja peran penting tersebut.

1.       Membuat Manusia “Hidup”

Peran penting impian dan cita – cita pertama bagi manusia adalah membuat manusia tampak hidup. Percaya atau tidak, manusia akan tampak hidup bila mereka memiliki hal yang ingin mereka kejr dan hal yang ingin mereka lindungi.

Impian dan cita – cita bisa menjadi hal tersebut. Saat seseorang bermimpi, pastinya ia ingin mimpinya menjadi kenyataan. Ia akan melakukan segala cara untuk mencapai cita – citanya. Hal seperti ini lah yang membuat manusia tampak lebih hidup.

2.       Memotivasi Manusia Agar Selalu Positif

Impian dan cita – cita juga bisa membuat seseorang menjadi lebih termotivasi dan lebih positif. Dengan bermimpi, kamu akan sadar bahwa tak ada Batasan untuk punya mimpi dan cita – cita yang hebat. Kamu juga akan berupaya untuk selalu melindungi impian dan cita – cita tadi, sehingga kamu akan hidup menjadi manusia yang lebih positif dan pantang menyerah.

3.       Memandu Kamu Menuju Kehidupan yang Lebih Baik

Peran penting lainnya impian dan cita – cita bagi kehidupan manusia adalah membantu manusia menuju ke kehidupan yang lebih baik. Ini dapat terjadi karena impian dan cita – cita akan membuat manusia berfikir cara untuk mencapainya. Dengan mengikuti cara – cara tersebut, pastinya seseorang bisa memiliki kehidupan yang jauh lebih baik lagi.

Nah, itulah perbedaan antara cita – cita dan impian serta arti pentingnya bagi kehidupan manusia. Setelah paham mengenai hal ini, tentunya kamu tau kalau kamu harus berusaha untuk menggapainya kan? Rajinlah berusaha dan jangan pantang menyerah untuk dapat meraih apapun yang kamu impikan. Ingat, tak ada yang mustahil di dunia ini selama kamu terus berupaya dan mencoba.

0 comments:

Post a Comment