Mari Ketahui Bagaimana Proses Seseorang Bisa Termotivasi

Dalam kehidupan, tentunya seseorang pernah mendengar kata termotivasi. Termotivasi sendiri merupakan kata yang mengandung artian bahwa seseorang sudah memiliki motivasi akibat melihat sebuah hal. Hal ini memang bukan lah sebuah hal baru, Melainkan hal yang sudah biasa terjadi di dalam kehidupan bermasyarakat sebagai bentuk pertahanan manusia terhadap kehidupan.

Namun, meski sering terjadi, apa kamu pernah memikirkan kenapa seseorang bisa termotivasi? Tentunya pertanyaan ini menarik untuk dibahas lebih lanjut, Karena tentu saja tak mungkin seseorang melakukan sesuatu atau merasakan sesuatu tanpa ada alasan sama sekali, kan? Ini berarti, kejadian termotivasi juga terjadi akibat sebuah hal.

Penyebab Seseorang Bisa Termotivasi

Termotivasi merupakan sebuah proses di mana seseorang mendapatkan kembali semangatnya untuk mengejar impian, Kata ini juga digunakan untuk menjelaskan seseorang yang bekerja lebih keras setelah melihat atau melakukan sesuatu untuk mencapai tujuannya.

Proses termotivasi ini bisa terjadi karena berbagai hal. Setidaknya, secara umum ada 3 hal yang menyebabkan seseorang termotivasi untuk melakukan sesuatu.

·         Ada Kebutuhan dan Hal yang Ingin Dicapai atau Dimiliki

Hal pertama yang pastinya mendorong seseorang menjadi termotivasi adalah adanya kebutuahn dan hal yang ingin dicapai di dalam hidupnya. Tentunya, ini lah yang menumbuhkan motivasi, karena manusia pada dasarnya bisa dan ingin berjuang untuk mencukupi segala jenis kebutuhannya.

Misalnya, saja, bila kamu memiliki kebutuhan untuk bisa mencapai nilai bagus dan memang sangat ingin menggapainya, maka kamu akan bersemangat dalam belajar. Tak menutup kemungkinan pula kamu akan mengikuti les dan melakukan segala hal untuk berjuang mendapat nilai terbaik.

Ini juga berlaku bagi kamu yang memiliki keinginan lainnya. Pastinya sama – sama termotivasi untuk berjuang mencapai impian.

·         Telah Memerhitungkan Langkah Untuk Mencapai Impian dan Keinginan

Seseorang juga bisa termotivasi karena ia telah mengetahui bagaimana dan apa yang harus ia lakukan untuk bisa mencapai impiannya. Seseorang yang seperti ini biasanya cenderung untuk mengikuti semua langkah yang telah ia tetapkan dan melakukan perubahan bila terjadi hal yang tak terduga di depan jalan.

·         Kesadaran Diri Sendiri Untuk Berubah Menjadi Lebih Baik Lagi

Hal lainnya yang bisa membuat seseorang termotivasi adalah kesadaran dirinya sendiri. Hal ini juga lah yang membuat seseorang memiliki semangat motivasi yang jauh lebih kuat. Dengan kesadaran diri yang tinggi, seseorang akan mencoba untuk terus berubah ke versi dirinya yang jauh lebih baik lagi.

Semangat untuk mengubah diri menjadi lebih baik lagi itulah yang bisa membantu seseorang untuk terus menggapai impian dan keinginanannya. Hal ini disebut sebagai faktor internal yang membangun semangat motivasi seseorang.

·         Menyadari Ganjaran yang Akan Diterima dari Seluruh Perbuatan

Menyadari ganjaran yang akan diterima bila melakukan sebuah hal juga bisa membuat seseornag lebih termotivasi. Ganjaran tersebut adalah hukuman dan hadiah yang bisa diterima sebagai konsekuensi perbuatan.

Oleh sebab itu, agar bisa mendapatkan hadiah, seseorang akan berusaha terus menerus untuk berbuat hal yang baik dan tak merugikan orang lainnya. Sementara dengan tau adanya ganjaran buruk, seperti hukuman, seseorang akan berusaha untuk menghindari hal tersebut dengan menghindari perilaku buruk juga.

Menyadari ganjaran ini merupakan cara membuat seseorang termotivasi yang cukup ampuh. Karena itulah cara ini digunakan diberbagai tempat di dunia.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa membuat seseorang menjadi termotivasi

0 comments:

Post a Comment