Motivasi? Seberapa Penting Sih?

 Kamu tentunya sudah pernah mendengar kata motivasi bukan? Kata motivasi sendiri kerap kali digunakan untuk menyebut sesuatu yang bisa membuat seseorang bersemangat untuk mencapai semua hal yang diinginkan dan dicita – citakannya. Memang, motivasi bekerja sebagai sebuah bahan bakar yang akan mengantarkan dan memberi energi bagi kamu saat menjalani hidup.

Namun, meski kamu sering kali mendengar kata motivasi, pernahkah kamu memikirkan seberapa pentingnya motivasi bagi seseorang? Bagaimana dan apa yang akan terjadi bila kamu tak memiliki motivasi untuk sekadar menjalani hidup? Atau, pernahkah kamu kehilangan motivasi tersebut?

Seberapa Penting Motivasi Bagi Seseorang?

Motivasi merupakan hal yang tak boleh hilang dari kehidupan siapa saja. Pernyataan ini tentunya bukanlah sebuah pernyataan yang tak berdasar. Nyatanya, keberadaan motivasi memang sangat penting bagi kehidupan manusia itu sendiri.

Bagi kamu yang penasaran kenapa motivasi bisa sangat penting bagi manusia, berikut ini merupakan beberapa alasan mengapa motivasi bisa sangat penting bagi manusia.

·         Dapat Membantu Manusia Untuk Mewujudkan dan Mencapai Tujuan Hidupnya

Manfaat pertama dari motivasi adalah membantu manusia untuk mewujudkan dan mencapai impian hidupnya. Ini karena dengan motovasi yang kuat, seseorang akan terus berusaha untuk bisa menggapai apa yang ia cita – citakan. Bahkan, meski jalan mencapai cita – cita tersebut cukup sulit, selama ada motivasi, kamu pasti bisa menemukan jalan yang tepat menuju hal yang kamu impikan.

·         Memberi Semangat Untuk Terus Hidup

Fungsi lainnya dari memiliki motivasi adalah memberi semangat pada mu untuk terus menjalani kehidupan. Pastinya, kamu pernah mengalami momen di mana hidup rasanya sangat berat bukan? Hal seperti ini pastinya sering dirasakan semua orang di dunia ini. Karena memang, hidup tak hanya berisikan hal – hal baik saja, namun ada pula tantangan dan hal sulit yang harus kamu lewati.

Namun, meski kamu mengalami hal yang sulit, kamu tetap harus hidup terus di dunia ini. Kamu pastinya masih bisa menjalani hidup bila kamu memiliki motivasi yang kuat. Karenanya, cari dan lindungi lah motivasi kamu untuk selalu hidup.

·         Membantu Menjauhkan Kamu dari Kerugian

Motivasi juga bisa membuat kamu jauh dari perbuatan yang berujung pada kerugian loh. Ini karena dengan adanya motivasi. Kamu tentunya ingin menjadi lebih baik lagi setiap saat. Perbuatan baik yang kamu lakukan secara perlahan – lahan akan membantu kamu mengambil keputusan secara terburu – buru. Sehingga hasilnya juga jauh lebih baik lagi.

·         Membuat Kamu Menjadi Pribadi yang Tak Merepotkan Orang Lain

Keberadaan motivasi di dalam diri kamu juga sangat berguna untuk membuat kamu tak merepotkan orang lain dengan urusan kamu. Dengan adanya motivasi yang kuat, kamu akan berusaha untuk terus menyelesaikan pekerjaan kamu dengan tepat waktu, sesuai target, dan tak merugikan orang lain pula.

Apa yang Terjadi Bila Seseorang Tak Punya Motivasi?

Setelah tadi kamu tau apa saja manfaat dari hadirnya motivasi dalam hidup seseorang, kini saatnya kamu tau apa saja yang bisa terjadi bila seseorang tak punya motivasi dalam hidupnya.

Jika seseorang tak punya motivasi dalam menjalani hidup, tentunya ia akan merasa kesulitan dalam hidupnya. Ini karena ia akan lebih sulit untuk bersemangat menggapai apa yang ia cita – citakan. Ia mungkin juga perlahan akan mulai kehilangan semangat dalam hidupnya.

Nah, karena itu, meski kecil dan dianggap sepele, ada baiknya kamu memiliki motivasi dalam hidup kamu, ya.

0 comments:

Post a Comment