Lucid Dream, Apa Sih Penyebabnya? Berbahaya Tidak?

 Saat seseorang terlelap, biasanya seseorang akan mengalami fase yang disebut dengan fase tidur. Pada saat tubuh berada di fase ini, biasanya otak akan mensekresikan senyawa kimia yang membuat kamu bisa bermimpi.

Biasanya, saat seseorang bermimpi, mereka tak akan sadar dengan apa yang mereka mimpikan. Inilah yang membuat banyak orang lupa dengan mimpi mereka saat mereka sudah terjaga. Namun, ternyata ada loh kondisi di mana seseorang sadar saat ia bermimpi. Kondisi seperti itu disebut lucid dream.

Nah, lalu pasti timbul pertanyaan kan. Apa penyebab kondisi lucid dream ini? Apa kondisi ini berbahaya dan patut diwaspadai? Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu bisa baca lanjutan artikel ini ya. Yuk disimak sampai selesai.

Apa Saja Penyebab Lucid Dream?

Seperti yang sudah kamu tau, lucid dream merupakan sebuah kondisi langka, di mana seseorang masih sadar saat dia berada di alam mimpi. Tak semua orang bisa merasakan kondisi ini. Orang yang pernah merasakannya pun juga tak selamanya bisa merasakan kondisi tersebut.

Diketahui, seseorang bisa mengalami lucid dream apabila mereka tidur namun dalam kondisi tak tidur. Maksudnya, meski raga mereka telah terlelap, namun otak mereka masih belum tidur. Otak masih dipenuhi banyak pikiran dan terus bekerja selama seseorang tidur.

Dalam proses bekerjanya otak, secara tidak sadar otak mencampurkan antara mimpi dan kenyataan. Sehingga saat seseorang bermimpi, ia benar – benar sadar di dalam mimpinya dan dapat mengendalikan segala hal yang terjadi di dalam mimpi tersebut. Saat mencapai fase ini lah seseorang memasuki lucid dream.

Lucid Dream Berbahaya atau Tidak?

Setelah kamu tau kenapa seseorang bisa mengalami fenomena lucid dream, tentunya kamu penasaran kan, apa kondisi ini berbahaya atau tidak? Sebenarnya, kondisi ini bisa dibilang tak terlalu berbahaya, namun meski begitu, terlalu sering mengalami lucid dream bisa membuat seseorang kekurangan kualitas tidur.

Sesaat setelah terbangun dari kondisi ini, biasanya seseorang akan merasakan dehidrasi yang berkelanjutan serta membuat seseorang mengalami halusinasi sementara. Hal seperti ini dapat terjadi karena saat mengalami lucid dream, batas antara mimpi dan kenyataan cukup sulit untuk dibedakan, sehingga saat kembali ke kenyataan pun, batas ini belum sepenuhnya pulih.

Jadi, sebenarnya lucid dream ini tak terlalu berbahaya. Bila kamu mengalami kondisi ini, beristirahatlah sejenak dalam kamar mu, biarkan otak mu paham kalau sekarang kamu sudah sadar dan tak berada di dunia mimpi lagi. Jangan langsung bangun dan keluar kamar bila kamu mengalami lucid dream, karena bila langsung keluar, dikhawatirkan kamu mengikuti halusinasi dan membuat masalah untuk diri sendiri.

Apa Lucid Dream Membawa Manfaat?

Hal menarik lainnya yang patut dibahas mengenai lucid dream adalah apakah kondisi ini membawa manfaat bagi tubuh atau tidak.

Dari penelitian, diketahui kalau lucid dream juga membawa beberapa manfaat, Di antara manfaat tersebut adalah sebagai berikut.

1.       Membantu Kamu Memanajemen Rasa Cemas di Kehidupan Nyata

Seperti yang kamu tau, sering kali mimpi menjadi pelarian bagi banyak orang yang mengalami masalah di dunia nyata. Hal seperti ini tentunya juga berlaku bagi mereka yang mengalami kejadian lucid dream.

Bila mengalaminya, seseorang bisa belajar memanajemen rasa stres dengan menentukan akhir cerita dari mimpi mereka sendiri. Sehingga di kehidupan nyata, mereka bisa terlihat lebih tenang.

2.       Mengasah Motorik dan Kreatifitas

Saat merasakan fenomena mimpi ini, pastinya seseorang bisa menciptakan mimpi apapun yang ia mau. Kondisi seperti ini tentunya membuat kamu bisa mengasah kreatifitas untuk merancang cerita yang mau kamu lihat di mimpi.

Nah, itulah beberapa hal yang layak dibahas dari lucid dream. Bagaimana menurut kamu? Fenomena ini berbahaya atau tidak? Atau malah kamu mau mengalaminya juga? Yuk sharing ceritamu juga, ya.

0 comments:

Post a Comment