Tidur Tapi Tak Bermimpi? Bagaimana Bisa?

 Kamu pasti tau, saat seseorang tertidur, kebanyakan orang pasti beranggapan mereka sedang bermimpi. Tentu saja hal ini tak bisa langsung disalahkan, soalnya memang kita terbiasa dengan anggapan kalau seseorang terlelap, dia sudah pasti bermimpi.

Padahal, tak selamanya seseorang terlelap sekaligus sedang mengalami mimpi loh. Ada fenomena di mana seseorang terlelap namun mereka tak bermimpi. Bahkan, tak sedikit pula orang yang pernah merasakan fenomena ini.

Karena fenomena ini cukup langka dan tak terjadi setiap hari, tentunya fenomena tidur tak bermimpi ini membuat banyak orang menjadi bertanya – tanya. Pertanyaan yang paling sering tentu mengenai mengapa seseorang bisa tertidur tanpa mengalami fenomena bermimpi.

Kenapa Seseorang Bisa Tidur Tanpa Mimpi?

Ternyata, saat seseorang terlelap, mereka tak serta merta bermimpi. Hal ini dibuktikan dengan adanya fenomena tidur tanpa mimpi. Namun, benarkah seseorang bisa benar – benar tertidur tanpa mimpi?

Faktanya, menurut sains, saat manusia tidur, mereka pasti bermimpi, sehingga tak mungkin tidur tanpa mimpi. Namun, pada beberapa kasus, memang, mimpi terasa sangat kabur, sehingga seolah – olah orang yang mengalaminya sudah tidur, tapi tak memiliki mimpi sama sekali. Inilah yang kemudian dikenal dengan fenomena tidur tanpa mimpi.

Kasus seperti ini pun sebenarnya disebabkan beberapa hal. Nah, berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang seolah – olah mengalami tidur tanpa mimpi.

1.       Mereka Sedang Mengalami Gangguan Kualitas Tidur

Menurut sebuah penelitian, hal pertama yang bisa menyebabkan seseorang tidur tanpa mimpi adalah gangguan dari kualitas tidurnya sendiri. Ada banyak gangguan yang bisa menyebabkan kualitas tidur seseorang memburuk, misalnya saja gangguan insomnia atau gangguan susah tidur dan gangguan tidur sleep apenea.

Saat seseorang menderita gangguan tidur seperti itu, mereka akan mengalami banyak kesulitan untuk masuk ke fase tidur nyenyak atau fase REM tidur. Padahal, sebuah mimpi hanya bisa terjadi dengan jelas bila seseoranh telah berhasil memasuki fase tidur nyenyak atau fase REM tersebut.

Karena mereka tak berhasil dengan baik untuk memasuki fase tidur tadi, jadilah mereka tak merasa memiliki mimpi meski sudah terlelap cukup lama.

2.       Gangguan Depresi yang Sedang Menyerang Seseorang

Depresi merupakan salah satu gangguan yang cukup gawat dan mengerikan. Ini karena bila gangguan ini dibiarkan berlarut – larut, seseorang bisa memiliki pikiran untuk menyakiti diri sendiri.

Ternyata gangguan depresi tak hanya menimbulkan masalah saat seseorang sadar, namun juga membuat masalah saat seseorang terlelap. Seseorang dengan gangguan depresi akan mengalami keadaan tidur yang buruk.

Ini karena otak mereka terpaku pada stres yang menumpuk, sehingga tak bisa tenang sedikit pun. Aktifitas otak dan perasaan yang tak menentu inilah yang kemudian mencegah seseorang untuk bisa masuk ke dalam fase tidur REM tadi. Sehingga, akhirnya seseorang tak bisa memiliki mimpi saat mereka terlelap.

3.       Sedang Berhadapan dan Berjuang dengan Obat – Obatan Penyakit Kecemasan Berlebihan

Bagi seseorang yang sedang menjalani pengobatan karena penyakit kecemasan berlebihan sehingga diberi obat minum, mereka juga bisa mengalami fenomena tidur tanpa mimpi loh.

Hal seperti ini dapat terjadi karena sedang dalam proses menstabilkan hormone yang ada di otak mereka, sehingga otak bekerja untuk fokus memperbaiki hal tersebut dan tak sempat membuat mimpi yang jelas bagi penderita.

Nah, itulah beberapa penyebab sekaligus alasan seseorang bisa tidur tanpa bermimpi sama sekali. Sekarang kamu sudah paham alasannya kan?

0 comments:

Post a Comment