Mari Kenali Berbagai Jenis Motivasi, yang Mana yang Paling Cocok dengan Mu?

Dalam hidup ini motivasi merupakan hal yang sangat penting dan harus dimiliki setiap orang. Ini karena, dengan adanya motivasi, seseorang baru bisa bergerak untuk maju dan mancapai apa yang diinginkannya. Karena itu, motivasi tersebut sama seperti semangat dalam kehidupan manusia, sehingga harus dimiliki agar manusia dapat terus bersemangat mencapai tujuannya.

Meski motivasi sama – sama berada dalam diri seseorang, sebenarnya motivasi seseorang selalu berbeda sumber dan penyebabnya. Kamu bisa menemukan dengan mudah seseorang yang termotivasi dengan hadiah atau pujian, atau malah bertemu orang dengan motivasi lainnya.

Jenis – Jenis Motivasi

Seperti yang tadi sudah dikatakan, motivasi ada banyak sekali jenisnya. Mengetahui jenis – jenis motivasi ini tentu berguna untuk kamu. Karena dengan mengetahuinya, kamu bisa tau hal apa yang paling memotivasi kamu dan bisa menggunakannya saat kamu mau mencapai tujuan.

Nah, karena itu, berikut ini merupakan beberapa jenis dari motivasi yang harus kamu ketahui.

·         Motivasi Untuk Mencapai Prestasi

Jenis motivasi yang pertama adalah motivasi untuk mencapai prestasi. Jenis ini biasanya merupakan jenis yang umum dikalangan banyak orang.

Orang yang punya  motivasi ini biasanya merupakan orang yang punya ambisi tinggi dan merasa sangat terluka bila ambisnya tak terpenuhi. Karena itu, ciri – ciri orang yang punya jenis motivasi ini adalah mereka selalu menetapkan berbagai target yang harus mereka capai dalam jangka waktu tertentu.

·         Motivasi Untuk Menghindari Hal yang Ditakuti

Motivasi jenis lainnya adalah motivasi untuk untuk menghindari hal yang seseorang takuti, entah berupa hukuman maupun sanksi. Karena itu, motivasi tipe yang ini mengandalkan insting dan sikap manusia dalam menerima sebuah hal.

Contoh dari motivasi tipe ini yang bisa kamu temukan, seperti rajin belajar karena takut punya nilai jelek dan dimarahi orang tua.

·         Motivasi Untuk Berada dalam Kelas Sosial Tertentu

Kelas sosial juga bisa menjadi motivasi seseorang untuk terus melakukan yang terbaik loh. Ini lah yang dikenal dengan istilah motivasi untuk berada dalam kelas sosial tertentu. Ciri dari seseorang dengan motivasi ini adalah orang – orang yang sering memperhatikan pendapat orang lain terhadap kehidupannya dan takut dipandang buruk oleh masyarakat.

·         Motivasi Untuk Terus Melakukan Pengembangan Diri

Jenis lainnya dari motivasi adalah motivasi untuk terus melakukan pengembangan diri. Motivasi seperti ini juga dikenal sebagai motivasi internal, karena memang kerap kali berasal dari dalam diri seseorang yang ingin terus berubah ke arah yang lebih baik.

Biasanya, orang – orang dengan motivasi pengembangan diri ini selalu melakukan hal terbaik yang bisa mereka lakukan saat mengerjakan sesuatu. Selain itu, biasanya orang dengan jenis motivasi ini punya target – target kecil yang harus mereka capai. Mereka juga akan puas bila merasa hidupnya jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya.

·         Motivasi Untuk Selalu Bersikap Positif

Motivasi untuk selalu bersikap positif juga merupakan salah satu jenis motivasi yang mungkin tak diketahui banyak orang. Ini karena, sering kali motivasi untuk bersikap positif ini diarasa cukup aneh bagi kebanyakan orang.

Padahal, tak ada yang salah dari motivasi jenis yang satu ini. Sebab, sebenarnya dengan selalu bersikap dan berpikir positif, kamu bisa mendapatkan banyak sekali manfaat. Misalnya saja, kamu jadi lebih tenang dan lebih berhati – hati dalam mengambil keputusan.

Nah, itulah beberapa jenis motivasi yang harus kamu tau. Jadi? Yang mana motivasi kamu?

0 comments:

Post a Comment