Kenapa Manusia Bermimpi Saat Tidur?

 Setiap kali kamu terlelap, tentu sering kali kamu akan mengalami fenomena tidur yang disebut dengan mimpi. Mimpi sendiri merupakan fenomena yang terjadi di saat kamu sudah terlelap dan menutup mata, di mana saat itu kamu juga dalam keadaan rileks.

Hampir setiap saat tidur, seseorang pasti mengalami mimpi. Hal seperti ini tentu memunculkan pertanyaan. Salah satu pertanyaan tersebut adalah mengapa kita bisa bermimpi ketika sedang tertidur? Apa yang sebenarnya terjadi di saat kita bermimpi?

Bila kamu pernah bertanya – tanya pula mengenai hal ini, sekarang kamu tak perlu bertanya lagi. Karena saat ini akan dibahas alasan menurut sains mengapa manusia bisa bermimpi saat tertidur dan apa yang sebenarnya terjadi saat kita bermimpi.

Alasan Mengapa Manusia Bisa Bermimpi Saat Tidur

Fenomena mimpi merupakan salah satu fenomena yang sangat menarik untuk dibahas. Rasanya tak akan ada bosannya tiap kali membahas mengenai fenomena unik yang satu ini. Ini dikarenakan saat membahas mimpi selalu banyak pertanyaan baru yang terfikirkan. Salah satunya adalah mengapa manusia bisa bermimpi saat tidur.

Sebenarnya memang ada beberapa alasan yang menyebabkan seseorag bisa bermimpi saat sedang tidur. Bila kamu penasaran juga dengan alasan tersebut, berikut ini disajikan beberapa alasan mengapa seseorang bisa bermimpi saat terlelap.

1.       Otak Sedang Mencoba Memproses Emosi dan Membentuk Memori yang Kamu Jalani

Alasan pertama mengapa kamu bisa bermimpi adalah karena aktifitas otak untuk memproses memori kamu. Ini dapat terjadi karena dalam kehidupan sehari – hari kamu bertemu dengan berbagai hal yang membuat emosi kamu terkuras. Saat tidur, otak mencoba memproses semua emosi tadi dan tanpa sadar menampilkan emosi tadi dalam bentuk mimpi.

Tak hanya memproses emosi, seseorang juga bisa bermimpi karena otak mereka sedang membentuk memori mereka. Ini terjadi dengan otak yang menampilkan mimpi penuh dengan karakter yang pastinya pernah kamu temui di kehidupan kamu. Otak melakukan ini untuk memilah mana yang harus kamu ingat dan mana yang perlu dibuang.

2.       Otak Sedang Bekerja Meski Tubuh Sudah Terdiam

Alasan lainnya mengapa seseorang bisa bermimpi adalah karena otak mereka yang masih sangat sibuk di malam hari walaupun badan sudah lelah dan beristirahat. Aktifitas otak di alam bawah sadar ini kemudian menimbulkan efek samping berupa mimpi yang sedang kamu jalani.

Namun tak perlu khawatir, meski kelihatannya sibuk, namun aktifitas otak saat itu tidak terlalu berat dan tak terlalu penting. Jadi jangan panik dengan faktga hal yang menyebabkan kamu bermimpi yang satu ini ya.

3.       Secara Tak Sadar, Otak Mulai Mengulas Berbagai Momen Kamu Hari Ini

Ternyata, seseorang juga bisa bermimpi karena otak mereka yang sedang mengulas berbagai kegiatan dan aktifitas yang mereka lakukan hari ini. Saat kamu beristirahat, otak akan mulai memproses apa saja kegiatan yang kamu lakukan hari ini, bagaimana perasaan kamu, serta apa hal yang paling sering kamu fikirkan.

Karena itu, saat bermimpi, kamu juga akan merasakan hal yang paling kamu rasakan hari itu. Ini menunjukkan aktifitas otak dalammengulas hal yang terjadi pada mu dalam hari itu.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa membuat seseorang bermimpi. Jadi secara garis besar, aktifitas otak yang terjadi di malam hari lah yang membuat kamu bermimpi. Sudah terjawab kan pertanyaan mu sekarang?

0 comments:

Post a Comment